Orientasi Nilai Kebudayan



BAB 1
PENDAHULUAN
1.       LATAR BELAKANG

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang kaya akan kebudayaannya, di tiap daerahnya budaya sangat berbeda, ini merupakan keunggulan Indonesia disbanding Negara lain. Selain itu keragaman budaya yang ada pada Indonesia yang beragam merupakan asset penting Negara dan menjadi ciri khas Negara Indonesia sendiri. Oleh karena itu masyarakat Indonesia harus bisa menjaga kebudayaannya meskipun terdapat budaya baru seiring berjalannya waktu.
Tentunya budaya juga memiliki nilai – nilai yang ada pada masyarakat, karena budaya itu bersifat abstrak dan unik sehingga nilai – nilai budaya ini bisa berpengaruh pada kehidupan bermasyarakat. Budaya ini pun juga sekarang sudah dijadikan pelajaran di setiap sekolah yang wajib harus dipelajari agar kita bisa mendalami nilai – nilai budaya yang sudah ada pada masyarakat Indonesia agar kita semua bisa survive meskipun nantinya aka nada kebudayaan baru yang muncul pada masa depan. Lalu bagaimanakah orientasi terhadap nilai budaya? Kita akan bahas pada bab pembahasan ini.

2.       TUJUAN PENULISAN
Ada pula tujuan dari penulisan ini :
1.       Agar kita bisa bermsayarakat dengan nilai – nilai yang sudah ada di masyarakat.
2.       Agar kita bisa mendalami dengan baik apa itu nilai budaya
3.       Agar kita bisa memahami bagaimana orientasi terhadap nilai budaya.

3.  RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang dimaksud dengan orientasi budaya?
2. Apa yang dimaksud dengan system nilai budaya?
3. Bagaimana orientasi terhadap nilai budaya?




BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN NILAI BUDAYA
            Theodorson dalam Pelly (1994) mengemukakan bahwa nilai merupakan sesuatu yang abstrak, yang dijadikan pedoman serta prinsip – prinsip umum dalam bertindak dan bertingkah laku. Keterikatan orang atau kelompok terhadap nilai menurut Theodorson relatif sangat kuat dan bahkan bersifat emosional. Oleh sebab itu, nilai dapat dilihat sebagai tujuan kehidupan manusia itu sendiri.
Sedangkan yang dimaksud dengan nilai budaya itu sendiri sduah dirmuskan oleh beberapa ahli seperti :
  • Koentjaraningrat
Menurut Koentjaraningrat (1987:85) lain adalah nilai budaya terdiri dari konsepsi – konsepsi  yang  hidup  dalam  alam  fikiran  sebahagian  besar  warga  masyarakat mengenai hal – hal yang mereka anggap amat mulia. Sistem nilai yang ada dalam suatu masyarakat dijadikan orientasi dan rujukan dalam bertindak. Oleh karena itu, nilai budaya yang dimiliki seseorang mempengaruhinya dalam menentukan alternatif, cara – cara, alat – alat, dan tujuan – tujuan pembuatan yang tersedia.
  • Clyde Kluckhohn dlam Pelly
Clyde Kluckhohn dalam Pelly (1994) mendefinisikan nilai budaya sebagai konsepsi umum yang terorganisasi, yang mempengaruhi perilaku yang berhubungan dengan alam, kedudukan manusia dalam alam, hubungan orang dengan orang dan tentang hal – hal yang diingini dan tidak diingini yang mungkin bertalian dengan hubungan orang dengan lingkungan dan sesama manusia.
  • Sumaatmadja dalam Marpaung
Sementara itu Sumaatmadja dalam Marpaung (2000) mengatakan bahwa pada perkembangan,  pengembangan,  penerapan  budaya  dalam  kehidupan,  berkembang pula nilai – nilai yang melekat di masyarakat yang mengatur keserasian, keselarasan, serta keseimbangan. Nilai tersebut dikonsepsikan sebagai nilai budaya.
            Jadi bisa kita simpulkan sendiri bahwa nilai budaya adalah suatu bentuk yang dijadikan pedoman dan petunjuk di dalam bertingkah laku baik secara individual, kelompok atau masyarakat secara keseluruhan tentang baik buruk, benar salah, patut atau tidak patut.

2.2 SISTEM NILAI BUDAYA
Tylor dalam Imran Manan (1989;19) mengemukakan moral termasuk bagian dari kebudayaan, yaitu standar tentang baik dan buruk, benar dan salah, yang kesemuanya dalam konsep yang lebih besar termasuk ke dalam ‘nilai’. Hal ini di lihat dari aspek penyampaian pendidikan yang dikatakan bahwa pendidikan mencakup penyampaian pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai.
Kedudukan nilai dalam setiap kebudayaan sangatlah penting, maka pemahaman tentang sistem nilai budaya dan orientasi nilai budaya sangat penting dalam konteks pemahaman perilaku suatu masyarakat dan sistem pendidikan yang digunakan untuk menyampaikan sisitem perilaku dan produk budaya yang dijiwai oleh sistem nilai masyarakat yang bersangkutan.
Sistem nilai budaya ini merupakan rangkaian dari konsep-konsep abstrak yang hidup dalam masyarakat, mengenai apa yang dianggap penting dan berharga, tetapi juga mengenai apa yang dianggap remeh dan tidak berharga dalam hidup. Sistem nilai budaya ini menjado pedoman dan pendorong perilaku manusia dalam hidup yang memanifestasi kongkritnya terlihat dalam tata kelakuan. Dari sistem nilai budaya termasuk norma dan sikap yang dalam bentuk abstrak tercermin dalam cara berfikir dan dalam bentuk konkrit terlihat dalam bentuk pola perilaku anggota-anggota suatu masyarakat.
2.3 ORIENTASI NILAI BUDAYA
Kluckhohn   dalam   Pelly   (1994)   mengemukakan   bahwa   nilai   budaya merupakan  sebuah  konsep  beruanglingkup  luas  yang  hidup  dalam  alam  fikiran sebahagian besar warga suatu masyarakat, mengenai apa yang paling berharga dalam hidup. Rangkaian konsep itu satu sama lain saling berkaitan dan merupakan sebuah sistem nilai – nilai budaya.
Ada lima masalah pokok kehidupan manusia dalam setiap kebudayaan yang dapat ditemukan secara universal. Menurut Kluckhohn dalam Pelly (1994) kelima masalah pokok tersebut adalah: (1) masalah hakekat hidup, (2) hakekat kerja atau karya manusia, (3) hakekat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu, (4) hakekat hubungan manusia dengan alam sekitar, dan (5) hakekat dari hubungan manusia dengan manusia sesamanya.
Masalah Dasar Dalam Hidup
Orientasi Nilai Budaya
Konservatif
Transisi
Progresif
Hakekat Hidup
Hidup itu buruk
Hidup itu baik
Hidup itu sukar tetapi harus diperjuangkan
Hakekat Kerja/karya
Kelangsungan hidup
Kedudukan dan kehormatan / prestise
Mempertinggi prestise
Hubungan Manusia Dengan Waktu
Orientasi ke masa lalu
Orientasi ke masa kini
Orientasi ke masa depan
Hubungan Manusia Dengan Alam
Tunduk kepada alam
Selaras dengan alam
Menguasai alam
Hubungan Manusia Dengan Sesamanya
Vertikal
Horizontal/ kolekial
Individual/mandiri


BAB 3
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Jadi nilai kebudayaan adalah suatu yang bisa dijadikan pedoman dalam bertingkah laku dalam bermasyarakat secara individu ataupun berkelompok. Kedudukan nilai dalam setiap kebudayaan sangatlah penting, maka pemahaman tentang sistem nilai budaya dan orientasi nilai budaya sangat penting dalam konteks pemahaman perilaku suatu masyarakat dan sistem pendidikan yang digunakan untuk menyampaikan sisitem perilaku dan produk budaya yang dijiwai oleh sistem nilai masyarakat yang bersangkutan. Ada lima masalah pokok kehidupan manusia dalam setiap kebudayaan yang dapat ditemukan secara universal. Menurut Kluckhohn dalam Pelly (1994) kelima masalah pokok tersebut adalah: (1) masalah hakekat hidup, (2) hakekat kerja atau karya manusia, (3) hakekat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu, (4) hakekat hubungan manusia dengan alam sekitar, dan (5) hakekat dari hubungan manusia dengan manusia sesamanya.

3.2 SARAN
Kita sebagai warga Indonesia harus bisa menjaga nilai – nilai kebudayaan yang sudah ada pada masyarakat agar kita bisa hidup bermasyarakat, dan agar budaya kita juga tidak luntur. Menghargai nilai – nilai kebudayaan sama saja kita melestarikan kebudayaan yang sudah ada di Indonesia.



DISUSUN OLEH : SHYFA ANDIANTONO
KELAS : 1IA24
NPM : 57416031

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL JENIS – JENIS EFEK DI SEBUAH FILM

SISTEM IDEOLOGI MESIR

Program Segitiga Bahasa Python