Teknologi Game dan Artificial Intelligence
A. Teknologi Game
B. Unity 3D
Teknologi merupakan gabungan antara kata techne dan logos. techne yang mempunyai arti keterampilan dan logos yang memilik arti ilmu. Jadi bisa disimpulkan bahwa teknologi adalah sebuah ilmu yang meempelajari tentang keterampilan. Menurut Poerbahwadja Harahap, pengertian teknologi mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di bidang teknik, mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik ataupun industri tertentu. Dimana definisi ini mengacu pada definisi praktis dari teknologi yang banyak ditemukan pada pabrik-pabrik dan industri tertentu. Sedangkan itu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teknologi memiliki arti: (1) metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; (2) keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Game merupakan sebuah produk yang ditujukan untuk hiburan namun bisa dinikmati beberapa kalangan, dan membuat pemainnya ini makin bisa berpikir strategic. Ada beberapa pendapat para Ahli mengenai game ini, diantaranya:
- Pengertian Game Menurut Ivan C Sibero
Game merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai dan dinikmati oleh pengguna media elektronik saat ini.
- Pengertian Game Menurut Samuel Henry
Game adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian anak-anak.
- Pengertian Game Menurut Fauzia A
Game adalah salah satu bentuk hiburan yang dapat dijadikan sebagai penyegar pikiran dari kepenatan akibat dari padatnya aktivitas sehari-hari.
- Pengertian Game Menurut John Naisbitt
Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film.
- Pengertian Game Menurut Wijaya Ariyana & Arifianto
Pengertian Game adalah salah satu kebutuhan sekaligus menjadi masalah besar bagi para pengguna komputer, hal tersebut dikarenakan untuk dapat menjalankan suatu game dengan nyaman, maka dibutuhkan spesifikasi komputer yang relatif tinggi dibanding komputer untuk penggunaan biasa.
Jadi Teknologi Game merupakan sebuah ilmu keterampilan yang dipakai untuk membuat sebuah permainan berdasarkan konsep yang sudah dibuat, bisa dimainkan oleh beberapa orang, dan tentunya harus bisa bermanfaat bagi manusia sehingga manusia bisa merasakan hiburan dan memiliki pemikiran yang strategic.
B. Unity 3D
Unity 3D merupakan sebuah mesin pembuat game (Game Engine) yang digunakan untuk merancang sebuah game dengan teknologi yang canggih, tentunya aplikasi ini berjalan di desktop. Dengan aplikasi ini kita bisa membuat game 3D tentunya dengan bermacam - macam genre seperti, First Person Shooter, Adventure, dan sebagainya. Aplikasi ini juga tidak terlalu membutuhkan spesifikasi PC yang gahar, dengan PC dengan ram minimal 2GB rasanya sudah bisa untuk menjalakan aplikasi ini lalu merancang sebuah game. Pada aplikasi ini selain game, juga bisa merancang sebuah Augmented Reality yang tentunya juga memakai teknologi dari Vuforia. Output dari Unity 3D ini bisa untuk PC, Android, Blackberry, Mac OS, dan lain - lain. Adapun bahasa pemrograman yang digunakan oleh game engine ini menggunakan bahasa dari keluarga C yaitu C#.
Unity Technologies dibangun pada tahun 2004 oleh David Helgason (CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante (CTO) di Copenhagen, Denmark sesudah game pertama mereka GooBall, gagal lagi dalam meraih sukses. Ketiganya menyadari nilai sebuah engine dan tool dalam sebuah pengembangan game dan berencana untuk menciptakan sebuah engine yang sanggup dipakai oleh semua dengan harga terjangkau. Unity Technologies menerima proteksi dana dari Sequoia Capital, WestSummit Capital, and iGlobe Partners.
Pada tahun 2008, Unity melihat kebangkitan iPhone dan menjadi game engine pertama yang melaksanakan dukungan penuh pada platform tersebut. Unity kini di gunakan oleh 53.1% developers (termasuk mobile game developer) dengan ratusan game yang dirilis baik untuk iOS maupun Android. Pada tahun 2009, Unity mulai meluncurkan produk mereka secara gratis. Jumlah developer yang mendaftar melonjak drastis semenjak pengumuman tersebut. Pada April 2012, Unity mencapai popularitas yang sangat tinggi dengan lebih dari 1 juta developer.
C. Skenario Desain dan Script
Pada dasarnya untuk membuat sesuatu diperlukan sebuah konsep agar apa yang kita mau bisa tertuju dan itulah yang disebut desain. Bisa dibilang desain juga merupakan tahap perancangan ide atau konsep yang akan kita tuangkan untuk menjadi sesuatu yang memiliki nilai. Pada industri game contohnya, untuk membuat sebuah game sederhana pun perlu dibuatkan sebuah desain agar game itu tau tujuannya untuk apa dan bagaimana bisa berjalan. Pada dunia game yang perlu di desain paling utama adalah Skenario game itu sendiri. Lalu Skenario itu apa? Skenario itu bisa dibilang sebagai sebuah jalannya game yang dirancang sedemikian mungkin agar game ini bisa berjalan sesuai alurnya. Ibarat kita membuat sebuah cerita tentunya diperlukan sebuah skenario bukan? Tentunya Skenario untuk game harus dirancang agar pas ke tujuannya game itu dibuat, apa goalsnya dari game itu. Untuk game sekelas Call Of Duty, gamenya ini terdapat skenario pas saat bermain, dan skenario scene dimana seperti film sebelum masuk ke scene permainan ini dimulai.
Lalu apa itu Script? Script yang bisa dimasuk disini bisa berupa naskah skenario berupa dialog - dialog atau merupakan sebuah perintah bahasa pemrograman yang dituangkan untuk action - action objek di game tersebut. Ini merupakan hal yang sangat penting juga dalam perancangan sebuah game. Banyak game - game sekarang yang seperti layaknya film, dimana karakter ini masing - masing bisa saling berinteraksi, berbicara layaknya manusia, tentunya ini terdapat casting - casting pengisi suara yang melakukan pengahapalan script dialog. Lalu untuk bagian developer game? Seorang Developer game tentunya yang menyambungkan semua sumber daya yang ada dengan sebuah script atau perintah pemrograman bisa menggunakan Java, C#, python dan sebagainya. Mereka yang merancang game sampai game ini bisa berhasil diselesaikan.
D. Artificial Intelligence
Artificial Intelligence disingkat AI adalah sebuah entitas cerdas secara ilmiah yang diciptakan oleh manusia. Entitas tersebut di tanamkan ke dalam sebuah mesin, sehingga membuat mesin tersebut seolah-olah mampu berpikir sendiri untuk mengambil sebuah keputusan.
AI bisa dibilang bukan sebuah perangkat komputer, karena komputer hanya bisa mengambil keputusan dan menghasilkan fungsi-fungsi saat diarahkan penggunanya. Sedangkan AI atau kecerdasan buatan ini rupanya mampu menentukan sendiri keputusan apa yang akan di ambil berdasarkan pengalaman yang sudah direkam menjadi sebuah pengetahuan. Rekaman tersebut tersimpan pada database perangkat AI itu sendiri, dan kemudian diterapkan jika diperlukan.
Kemunculan perangkat kecerdasan buatan ini bisa dibilang merupakan kemajuan teknologi yang sangat luar biasa, karena konsep perangkat berbasis AI perlahan-lahan sudah mulai diterapkan dalam berbagai bidang seperti multimedia, search engine, robotik, smart home, dan lain sebagainya. Intinya, AI adalah sebuah program kecerdasan buatan yang ditanamkan di sebuah mesin atau perangkat agar lebih memudahkan manusia mengerjakan pekerjaannya. Selain itu lewat ini juga akan dibahas mengenai sejarah AI, dari mulai dibuat hingga dikembangkan. Ada juga contoh-contoh dari perangkat AI.
Untuk sebuah game tentunya dibutuhkan AI sebagai player lawan atau kawan. Lalu AI itu sendiri bagaimana bisa ditanamkan disebuah game? AI ini pada awalnya hanya sebuah objek biasa yang belum tau action apa yang akan dilakukan, developer game akan memberikan sebuah perintah kepada AI tersebut, untuk sistem pembuatan AI bisa bergerak di engine seperti CryEngine, AI akan diberikan sebuah area untuk bergerak, setelah itu jika AI atau both mau melakukan sebuah patroli dari 1 tempat ke tempat lain akan diberi sebuah beberapa tag point ditempat yang berbeda, lalu selanjutnya AI tersebut akan diberikan Game Logic berupa node yang isinya beberapa action yang akan ditanamkan pada AI tersebut, sehingga AI tersebut akan berguna sebagai lawan kita.
Daftar Pustaka
Roedavan, Rickman. 2016. Unity - Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika Bandung.
Suyanto. 2014. Artificial Intelligence: Searching, Reasoning, Planning dan Learning. Bandung: Informatika Bandung.
https://eventkampus.com/blog/detail/1474/apa-itu-unity-3d (Diakses pada tanggal 17 Maret)
http://mandalamaya.com/pengertian-game-menurut-para-ahli/ (Diakses pada tanggal 17 Maret)
https://teknologi.id/insight/apa-itu-teknologi-sejarah-dan-pengertian-teknologi/ (Diakses pada tanggal 17 Maret)
Komentar
Posting Komentar